Saturday, January 22, 2011

50% Motor di Indonesia Menggunakan Skuter Matik

Pasar skuter matik alias skutik diperkirakan akan terus membesar hingga mencapai 50 persen pasar sepeda motor nasional. Saat ini skuter matik baru terjual 3,5 juta atau sekitar 47 persen dari pasar sepeda motor.
Akhmad Nurcahyadi, analis bidang otomotif BNI Securities mengatakan, tren penjualan skuter matik akan meningkat jauh meninggalkan model bebek dan sport. "Kami melihatnya seperti itu," kata dia dalam laporan hariannya.

Menurut dia, Pangsa pasar motor skuter matik akan tumbuh seiring dengan peningkatan permintaan dan penjualan. Kondisi ini juga akan mendorong pertumbuhan penjualan industri secara keseluruhan.

PT Astra-Honda Motor dan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia sebagai dua pelaku usaha terbesar juga menargetkan pasar skuter matik akan meningkat menjadi 47 dan 49 pesren hingga akhir tahun ini.

Data terakhir menunjukkan jenis motor baru ini masih memimpin total penjualan, yaitu 3,5 juta unit setara dengan 47 persen. Sisanya, sepeda motor bebek 46 persen, dan sepeda motor sport 7 persen. "Kami juga melihat skuter matik akan mencatat kenaikan pangsa pasar sekitar 3,72 persen," katanya.

sumber: vivanews
Sementara itu, Akhmad memprediksi total penjualan sepeda motor hingga akhir tahun ini sebesar 8,15 juta unit atau tumbuh 10 persen. Pertumbuhan ini  masih rendah bila dibandingkan dengan pertumbuhan penjualan 2010, yaitu sebesar 26,37 persen.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home