Friday, February 18, 2011

Pengguna iPod Beresiko Tuli Pada Telinga Anda

Kenyamanan menggunakan iPod ternyata menyimpan bahaya bagi pendengaran Anda. Menurut audiolog Dr Tony Kay dari Aintree University Hospital Liverpool,generasi penggemar musik menderita dari 'iPod-itis, yakni munculnya suara aneh di telinga karena sering memutar musik terlalu keras melalui earphone atau headphone.

Istilah ini mengacu pada Tinnitus alias gangguan munculnya suara aneh di telinga. Bahaya ini mengancam terutama bagi mereka yang memutar musik dengan keras sehari-hari. “Mereka beresiko tuli di kemudian hari,” kata Kay memperingatkan.

Risiko ini juga mengancam penikmat musik klub (clubber) dan mereka yang biasa bekerja dengan paparan suara yang keras. Kay berharap, para clubber melengkapi telinganya dengan busa keselamatan.

Kay menyatakan, kebisingan di klub bisa mencapai sekitar 100 desibel. Padahal kebisingan lebih dari 85 desibel dapat menyebabkan kerusakan pendengaran serius.

“Akan lebih baik jika memutar dengan volume yang rendah dan memakai busa peredam di telinga agar tak merusak pendengaran,” kata dia.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home