Thursday, March 3, 2011

WikiLeaks Nominator Nobel Perdamaian

Situs WikiLeaks, dan Internet masuk menjadi nominator di antara 241 calon yang berhak mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian 2011.

Komite Nobel Norwegia mengumumkan, bahwa tahun ini sebanyak 53 organisasi yang masuk ke dalam nominasi. WikiLeaks dan Internet akan berdampingan dengan para kandidat, di antaranya mantan Kanselir Jerman Helmut Kohl, advokat hak asasi Afghanistan Sima Samar, tokoh pembangkang dari Kuba Oswaldo Paya Sardinas, dan pendiri kelompok hak Memorial Rusia, Svetlana Gannushkina.

''Melihat jangka panjang, kita bisa melihat jumlah calon yang terus bertambah, termasuk minat untuk mendapatkan hadiah juga cukup kuat,'' kata Geir Lundestad, anggota non suara di panel Nobel kepada Reuters.

WikiLeaks yang masuk nominasi Nobel tahun ini memang telah menyita perhatian masyarakat internasional. Juliam Assange si pendiri WikiLeaks dengan sengaja menerbitkan ribuan dokumen kabel rahasia diplomatik AS yang cukup menggegerkan dunia.

Untuk menjebloskan Assange, dengan cara pemerintah Inggris mengekstradisi Assange dari Inggris ke Swedia, dengan tuduhan kasus pelecehan seksual.

Beberapa pakar mengatakan internet atau media sosial seperti Facebook dan Twitter, kini telah digunakan untuk membantu menyuarakan pendapat masyarakat yang berbeda, dengan pemerintah yang menindas.

Selama ini pemilihan pemenang Nobel Perdamaian di tangan lima anggota panel rahasia. Panel Nobel ini diketuai mantan Perdana Menteri Thorbjoern Jagland. Mereka sering kali memutuskan pemenang dengan cukup berani.

Sebagai contoh pemberian hadiah Nobel Perdamaian untuk Barack Obama, hanya beberapa bulan setelah ia menjadi presiden AS. Dan tahun lalu, panitia Nobel memberikan hadiah Nobel Perdamaian untuk si pembangkang dari China yang kini masih dipenjara, Liu Xiaobo.

Jagland berjanji agar penerima Hadiah Nobel Perdamaian lebih sentral, dan lebih relevan. Pengumuman nama pemenang Hadiah Nobel Perdamaian dilaksanakan Oktober mendatang. Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah berupa medali dan uang senilai 10 juta crown Swedia (US$1,58 juta).

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home